Rahasia Doa Raja Salomo (dalam Islam disebut Nabi Sulaeman)

Apa rahasia doa Salomo, sehingga Allah memberikan kepada Raja Salomo, hikmat, kekayaan dan kejayaan ?
Suatu malam Salomo bermimpi bertemu Allah, dan Allah berkata, "Salomo, mintalah apa yang kauinginkan, itu akan Kuberikan kepadamu!" .
Tawaran yang menarik. Apakah Salomo akan tergoda untuk meminta kekayaan atau kejayaan ?  Ternyata tidak. Salomo memilih meminta hikmat kebijaksanaan, sehingga sejarah mencatat Salomo sebagai orang yang punya kebijaksanaan luar biasa.
Imajinasi saya mengubah cerita menjadi:
Allah berkata,"Salomo, mintalah apa saja, maka akan Kuberikan padamu".
Salomo menjawab,"Berikan aku, kekayaan dan kejayaan".
Allah berfirman,"Baiklah, kekayaan dan kejayaan Kuberikan padamu, disamping itu Aku juga akan memberikanmu hikmat dan kebijaksanaan".
Apakah mungkin terjadi seperti itu ? Mungkin ! Karena ada rahasia dibalik doa Raja Salomo.
Malam itu Allah menampakkan diri kepada Salomo dan berkata, "Salomo, mintalah apa yang kauinginkan, itu akan Kuberikan kepadamu!"
Salomo menjawab, "Ya Allah, Engkau sudah menunjukkan bahwa Engkau sangat mengasihi ayahku Daud, dan Engkau telah mengangkat aku menjadi raja menggantikan dia. Sekarang, ya TUHAN Allah, semoga Engkau menepati janji-Mu kepada ayahku. Engkau telah mengangkat aku menjadi raja atas bangsa besar ini yang tak terhitung jumlahnya. Karena itu BERIKANLAH kiranya kepadaku kebijaksanaan dan pengetahuan YANG KUPERLUKAN UNTUK MEMIMPIN MEREKA. Kalau tidak demikian, bagaimana mungkin aku dapat memerintah umat-Mu yang besar ini?"
Jawab Allah kepada Salomo, "Permintaanmu itu baik. Engkau TIDAK MINTA kekayaan atau harta atau kemasyhuran atau kematian musuh-musuhmu atau umur panjang UNTUK DIRIMU SENDIRI,  MELAINKAN kebijaksanaan dan pengetahuan UNTUK memerintah UMAT-KU YANG KUPERCAYAKAN  kepadamu.
Rahasia ini diketahui para rasul sehingga:
Yakobus menulis seseorang tidak menerima apa yang dimintanya dari Tuhan karena tujuan permintaan yang salah,
rasul Yohanes memahami bahwa Allah mengabulkan apa saja doa kita, kalau sesuai dengan kehendak-Nya,
rasul Petrus percaya Tuhan selalu memperhatikan orang-orang yang menuruti kemauan-Nya, dan Tuhan selalu mendengar doa-doa mereka.
Bahkan Yesus sendiri memberi pernyataan apa saja yang kita minta akan diberikan, selama itu "di dalam NamaNya".
Karena rahasia doa Salomo adalah:
bukan APA yang diminta, melainkan KENAPA hal itu diminta.

Share:

0 komentar